Blusukan ke Sulbar, Menkes Puji Cendol Sehat Buatan Poltekkes Mamuju - Poltekkes Mamuju
68
post-template-default,single,single-post,postid-68,single-format-standard,ajax_fade,page_not_loaded,,hide_top_bar_on_mobile_header,qode-content-sidebar-responsive,qode-theme-ver-13.1.2,qode-theme-bridge,wpb-js-composer js-comp-ver-5.4.5,vc_responsive

Blusukan ke Sulbar, Menkes Puji Cendol Sehat Buatan Poltekkes Mamuju

Menteri Kesehatan Prof Nila F Moeloek, SpM(K) melakukan blusukan ke Mamuju, Sulawesi Barat. Rencananya, Menkes Nila akan memberikan arahan soal pembangunan kesehatan bertepatan dengan jatuhnya Hari Kesehatan Nasional ke-50, Rabu (12/11) lalu.

070653_menkesmamuju.rezaSebelum Menkes Nila masuk ke ruang rapat, dinas kesehatan daerah Sulawesi Barat sudah menyiapkan beberapa program andalan milik mereka. Salah satunya adalah cendol ikan layang yang dibuat oleh mahasiswa-mahasiswi Politeknik Kesehatan (Poltekkes) Mamuju.

Zainal, salah seorang mahasiswa Poltekkes Mamuju menjelaskan, bahan utama dari cendol ini bukanlah tepung beras seperti kebanyakan cendol lainnya.

“Bahan utamanya ikan layang, dengan campuran sedikit tepung dan mentimun untuk menghilangkan bau amisnya,” tutur Zainal kepada Menkes Nila, seperti ditulis Senin (17/11/2014).

Menkes Nila pun mencicipi es cendol tersebut. Tak terlalu banyak komentar, Menkes Nila hanya mengatakan bahwa es cendol ini enak meski dibuat dari ikan.

“Enak ya. Bagus memang ikan banyak gizinya. Jangan bikin cendol hanya tepung saja, tidak ada gizinya,” tutur Menkes Nila.

Selain itu, ia berpesan bahwa makanan-makanan sehat dan bergizi seperti ini harus dibuat lebih banyak. Tujuannya, anak-anak akan terhindar dari jajanan tidak sehat yang bukan hanya tidak bergizi, namun sering kali memiliki kandungan gula, minyak atau penyedap rasa berlebih.

“Bagus ini sangat tepat bagi anak-anak. Jadi anak-anak diberikan jajanan sehat, bukan asal jajan yang tidak sehat,” tandasnya.