Kunjungan Tim Asesor BAN PT - Poltekkes Mamuju
65
post-template-default,single,single-post,postid-65,single-format-standard,ajax_fade,page_not_loaded,,hide_top_bar_on_mobile_header,qode-content-sidebar-responsive,qode-theme-ver-13.1.2,qode-theme-bridge,wpb-js-composer js-comp-ver-5.4.5,vc_responsive

Kunjungan Tim Asesor BAN PT

DSCN2134Senin, 28 April 2014 Poltekkes Kemenkes Mamuju khususnya Program Studi (PS) Gizi kedatangan tamu penting. Tamu yang telah lama dinantikan oleh segenap civitas akademika. Mereka adalah Bapak Prof. Dr. Ir. Dadang Sukandar dan Ibu Nurul Muslihah, SP. M.Kes. Keduanya merupakan tim asesor yang diutus oleh BAN PT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi). BAN PT adalah lembaga yang berwenang dalam mengevaluasi, menilai serta menetapkan status dan peringkat mutu PS berdasarkan standar mutu yang telah ditetapkan.

Proses penyambutan tamu tersebut berlangsung sederhana namun tetap memperlihatkan dan memperkenalkan budaya Mandar, tempat Poltekkes Mamuju berdiri. Dua mahasiswa yaitu Lalu Junaidi dan Indri Andriani berpakaian adat Mandar menjadi duta mahasiswa yang bertugas dalam penyambutan. Pengalungan Sarung Sutra Mandar yang juga ciri khas Sulawesi Barat menjadi salah satu moment dalam prosesi tersebut. Bukan gratifikasi, namun ini adalah wujud kebahagiaan dan rasa terima kasih akan hadirnya tamu tersebut.

Para asesor akan berada di Poltekkes Mamuju hari ini hingga besok (29/04). Mereka akan menilai kesesuaian Borang yang telah diusulkan beberapa bulan lalu dengan kelengkapan dokumen, sarana prasarana yang ada serta kondisi akademik yang berlangsung selama ini. Penilaian ini melibatkan banyak pihak. Mulai dari mahasiswa, alumni, dosen, staf hingga para stakeholder yang telah menggunakan keahlian alumni Poltekkes Mamuju.

Sebagai salah satu institusi pendidikan yang mencetak tenaga kesehatan DIII, Poltekkes Mamuju masih sangat muda, kurang pengalaman serta prestasi. Alumni yang diluluskan pun baru dua tingkatan, sehingga akreditasi sangat penting demi keberlanjutan kegiatan akademik yang telah berlangsung hampir lima tahun ini. Dengan adanya akreditasi akan menjadi bukti bahwa segala proses akademik yang berlangsung di kampus tersebut telah memenuhi standar mutu perguruan tinggi dan layak dijadikan sebagai tempat belajar yang akan menghasilkan Tenaga Gizi yang Profesional dan Kompetitif di Sulawesi Barat sesuai dengan visi yang diusung oleh PS Gizi Poltekkes Kemenkes Mamuju.

Segenap civitas akademika sangat berharap bahwa PS Gizi akan mendapatkan akreditasi terbaik. Namun apapun hasilnya itulah hasil terbaik dari dari usaha dan proses yang panjang. Akreditasi bukanlah semata-semata pencapaian prestasi namun merupakan proses panjang dan berkelanjutan dalam memperbaiki proses akademik agar tercipta tenaga kesehatan khususnya Gizi yang berkualitas dan bermartabat.