Pusat Studi Stunting

Poltekkes Kemenkes Mamuju yang berdiri sejak tahun 2011 adalah salah satu perguruan tinggi kesehatan di Sulawesi Barat dengan 4 program studi, yaitu Gizi, Kesehatan Lingkungan, Kepwrawatan dan Kebidanan. Visi Poltekkes Kemenkes Mamuju adalah menjadi pusat pendidikan tinggi yang unggul berbasis kesehatan keluarga pada tahun 2022.
Dalam pencapaian visi tersebut, selain pengembangan tridharma perguaruan tinggi juga dibutuhkan pengembangan institusi sebagai Pusat Unggulan Ipteks yang mampu bersinergi dengan lintas sektor sehingga peran institusi tidak hanya menghasilkan lulusan tetapi juga berperan dalam penyelesaian masalah di Indonesia khususnya di Sulawesi Barat.
Pusat Unggulan Ipteks Poltekkes Kemenkes (PUI-PK) atau yang dikenal sebagai Center of Excellence (CoE) yang akan dikembangkan di Poltekkes Kemenkes Mamuju adalah Pusat Studi Stunting (Stunting Study Center). Stunting study center sebagai pusat unggulan yang akan dikembangakan Poltekkes Mamuju berdasarkan prevalensi stunting di Sulawesi Barat yang menduduki peringakat kedua berdasarkan hasil riskedas 2010, 2013 dan 2018 dengan nilai prevalensi sebesar > 40%. Prevalensi tersebut melebihi nilai ambang batas yang telah ditetapkan oleh WHO yaitu sebesar 20%.
Berdasarkan data tersebut maka Poltekkes Kemenkes Mamuju sebagai institusi pendidikan dapat berperan dalam menghasilkan riset, publikasi hingga produk yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakata maupun lintas sektor dalam pencegahan dan penanganan stunting. Kolaborasi antar program studi dilingkungan Poltekkes Kemenkes Mamuju maupun lintas sektor diharapkan dapat mencapai tujuan dari pengembangan stunting studi center yang akan dikembangkan dan meminimalisir kejadian stunting di Sulawesi Barat.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *