LAUNCHING KLINIK MANARANG & CAPPING DAY POLTEKKES KEMENKES MAMUJU - Poltekkes Mamuju
358
post-template-default,single,single-post,postid-358,single-format-standard,ajax_fade,page_not_loaded,,hide_top_bar_on_mobile_header,qode-content-sidebar-responsive,qode-theme-ver-13.1.2,qode-theme-bridge,wpb-js-composer js-comp-ver-5.4.5,vc_responsive
Launching Klinik dan Capping Day 2015

LAUNCHING KLINIK MANARANG & CAPPING DAY POLTEKKES KEMENKES MAMUJU

LAUNCHING KLINIK MANARANG & CAPPING DAY

POLTEKKES KEMENTRIAN KESEHATAN MAMUJU

Launching Klinik dan Capping DayBertempat di Aula Poltekkes Kemenkes Mamuju, pada tanggal 09 Juni 2015 telah diselenggarakan acara Capping Day yang sekaligus dirangkaikan dengan Launching Klinik Manarang Poltekkes Kemenkes Mamuju. Acara ini dihadiri oleh berbagai unsur yang memiliki kepentingan dalam bidang kesehatan seperti Dinas Kesehatan Sulbar, Dinas Kesehatan Mamuju, BPJS Sulbar, Puskesmas, Pemerintah Desa, Rumah Sakit Kabupaten Mamuju, Rumah Sakit Regional, BKKBN Sulbar, dan organisasi profesi perawat dan bidan yang dalam hal ini adalah PPNI & IBI Sulbar serta PPNI & IBI Kabupaten Mamuju serta pegawai lingkup Poltekkes Kemenkes Mamuju dan mahasiswa yang akan melakukan ucap janji.

Rangkaian acara ini dimulai dengan melaksanakan Capping Day Mahasiswa Keperawatan dan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Mamuju. Acara Cappping Day atau Kepaniteraan Ucap Janji Mahasisiwa adalah hari penyematan Cap (tudung perawat) sebagai simbol bahwa mahasiswa-(i) Tingkat I Jurusan DIII Kebidanan dan Keperawatan Poltekkes Kemenkes mamuju telah siap untuk mengabdikan diri pada dunia kesehatan dan merupakan awal bagi mereka untuk memperoleh pengalaman lapangan untuk di tugaskan di Rumah sakit, klinik, puskesmas dan institusi pelayanan kesehatan lainnya.

Capping day merupakan upacara seremonial yang bersifat sakral bagi mahasiswa kedua jurusan tersebut sebelum melakukan praktek lapangan. Sejak Poltekkes Kemenkes Mamuju didirikan, untuk pertama kalinya acara Capping Day ini diselenggarakan dan diharapkan di masa yang akan datang kegiatan ini akan rutin dilaksanakan sebelum mahasisiwa Tingkat I Jurusan Kebidanan dan Keperawatan Poltekkes Kemenkes Mamuju turun lapangan untuk melakukan praktek. Sebanyak 90 mahasiswa yang akan turun praktek lapangan melakukan ucap janji dihadapan Direktur dan Pembantu Direktur Poltekkes Kemenkes Mamuju serta para tamu undangan yang hadir.

Selain ucap janji, acara Capping Day ini juga diisi oleh beberapa agenda acara. Salah satunya adalah pembacaan mahasiswa Poltekkes Kemenkes Mamuju yang berprestasi di bidang akademik dan kemahasiswaan. Adapun mahasiswa yang berprestasi di bidang akadedmik adalah Hardianti, Istiqamah Sardi dan A. Marya Ulfa (Kebidanan) yang secara berturut turut memiliki Indeks Prestasi paling tinggi. Sementara itu, untuk mahasisiwa yang berprestasi di bidang kemahasiswaan diantaranya, Wandi yang merupakan mahasiswa Jurusan Kesehatan Lingkungan yang memiliki prestasi dengan berhasil meraih medali emas Cabang Olahraga Pencak Silat mewakili Kabupaten Mamuju pada ajang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) II Sulbar yang baru baru ini dilaksanakan di Kabupaten Polewali Mandar. Sementara itu, mahasisiwa atas nama Swasti Purnama Sari merupakan mahasisiwa Jurusan Gizi yang memiliki prestasi dengan berhasil meraih Juara ke-3 kategori Putri pada Lomba Pemilihan Duta Mahasiswa se-Sulawesi Barat mewakili Kabupaten Mamuju. Dan yang terakhir adalah mahasiswa atas nama Endang Suryadi merupakan mahasisiwa Jurusan Gizi yang berhasil masuk 4 besar kategori Putra pada ajang yang sama.

Rangkaian acara yang kedua adalah Launching Klinik Manarang Poltekkes Kemenkes Mamuju. Launching atau peresmian klinik ini dilaksanakan dengan berdasar pada upaya tindak lanjut dari telah diterbitkannya Surat Ijin Klinik oleh BPPT Kabupaten Mamuju yang sebelumnya telah melakukan penilaian sebagai syarat pembukaan klinik.

Pada kesempatan ini, Kepala Dinas Kesehatan Prov Sulawesi Barat, dr. Ahmad Azis, M.Kes yang pada awal sambutannya sangat menekankan pengembangan SDM kesehatan dalam memenuhi kebutuhan masyarakat dalam memperoleh pelayanan kesehatan yang prima, dimana Poltekkes Kemenkes Mamuju selaku perguruan tinggi kesehatan yang berplat merah (negeri) diharapkan mampu mempersiapkan mahasiswanya untuk menjadi tenaga kesehatan yang siap pakai dan berdaya saing tinggi sebab kedepannya akan banyak dibutuhkan tenaga kesehatan untuk memenuhi kuantitas tenaga kesehatan, utamanya di Provinsi Sulbar karena dengan adanya peningkatan status Rumah Sakit Regional menjadi rumah sakit tipe B maka akan ada penambahan tenaga kesehatan sebagai syarat standarisasi rumah sakit tipe B dan  diharapkan Poltekkes Kemenkes Mamuju mampu mempersiapkan mahasiswanya untuk menjawab tantangan peluang tersebut dimana Poltekkes Kemenkes Mamuju sebagai perguruan tinggi kesehatan yang berstatus negeri sudah tidak diragukan lagi kualitasnya dalam menciptakan tenaga kesehatan yang sangat berkompeten.

Selain itu Bapak Kepala Dinas Kesehatan Sulbar juga menekankan agar dengan momentum launching atau peresmian ini, Klinik Manarang Poltekkes Kemenkes Mamuju dapat menjadi pusat pelayanan kesehatan dasar bagi masyarakat utamanya yang bertempat tinggal disekitar wilayah Tadui, Bambu dan Kalukku. Dan dengan kehadiran Klinik Manarang Poltekkes Kemenkes Mamuju ini dapat menjawab tuntutan masyarakat akan akses pelayanan yang terjangkau dan tentunya berkualitas. Terlebih lagi jaminan kualitas daripada klinik ini diperoleh dari sumber daya kesehatan tenaga kesehatan yang melimpah di Poltekkes Kemenkes Mamuju yang notabene merupakan institusi pendidikan kesehatan yang dibawahi langsung oleh Kementrian Kesehatan. Oleh sebab itu dengan pengelolaan manajemen yang baik, Bapak Kepala Dinas Kesehatan Sulbar optimis bahwa klinik ini mampu mengakomodir kebutuhan masyarakat akan pelayanan kesehatan yang tinggi.

Pada kesempatan itu pula, Direktur Poltekkes Kemenkes Mamuju, H. Hasir, Apt, M.Kes dalam sambutannya menyatakan sangat mengapresiasi respon cepat dari pemerintah provinsi khususnya Dinas Kesehatan Prov Sulbar yang sangat memperhatikan dan berperan aktif dalam pengembangan tenaga kesehatan yang berkualitas. Pada kesempatan tersebut, beliau berjanji akan terus melakukan upaya yang maksimal bersama sama dengan pegawai lingkup Poltekkes Kemenkes Mamuju dalam memajukan dan mengembangkan Poltekkes Kemenkes Mamuju untuk menjadi institusi yang maju dan berkompeten dalam menyiapkan tenaga kesehatan yang professional dan terstandarisasi.

Selain itu, Bapak Direktur juga menyatakan sangat siap untuk bekerjasama dengan pihak manapun utamanya BPJS Kesehatan untuk pengembangan klinik tersebut dalam melayani masyarakat dan berkomitmen untuk menjaga dan mengutamakan kualitas pelayanan kesehatan. Diharapkan kedepannya Klinik Manarang Poltekkes Kemenkes Mamuju ini juga sudah dapat melayani pasien yang menjadi peserta Jaminin Kesehatan Nasional (JKN).

Selama kegiatan berlangsung, seluruh rangkaian acara ini berjalan khidmat dan sukses. Pada akhir acara, Launcing Klinik Manarang dan Capping Day ini ditutup dengan prosesi pemotongan tumpeng oleh Bapak Kepala Dinas Kesehatan Prov Sulbar bersama Direktur Poltekkes Kemenkes Mamuju sebagai bentuk rasa syukur atas kehadiran Klinik Manarang yang sekaligus melakukan kunjungan ke Klinik Manarang bersama dengan para tamu undangan yang ditandai dengan pemotongan pita sebagai simbol peresmian dari Klinik Manarang Poltekkes Kemenkes Mamuju.

Koresponden :

Asrie Abu, SKM, M.Kes

(Dosen Keperawatan & Staff ADAK Bagian Kemahasiswaan)

Jln. Poros Mamuju-Kalukku KM. 16 Tadui, Mamuju-Sulawesi Barat

Telp. 085 241 297667

Email  : asrie_abu_movic@rocketmail.com

              sembarangnama88@gmail.com