BAKTI SOSIAL DAN GERAKAN AKSI DAMAI MAHASISWA POLTEKKES KEMENKES MAMUJU MEMPERINGATI HKN KE 51 TAHUN 2015 - Poltekkes Mamuju
351
post-template-default,single,single-post,postid-351,single-format-standard,ajax_fade,page_not_loaded,,hide_top_bar_on_mobile_header,qode-content-sidebar-responsive,qode-theme-ver-13.1.2,qode-theme-bridge,wpb-js-composer js-comp-ver-5.4.5,vc_responsive

BAKTI SOSIAL DAN GERAKAN AKSI DAMAI MAHASISWA POLTEKKES KEMENKES MAMUJU MEMPERINGATI HKN KE 51 TAHUN 2015

BAKTI SOSIAL DAN GERAKAN AKSI DAMAI MAHASISWA POLTEKKES KEMENKES MAMUJU MEMPERINGATI HKN KE 51 TAHUN 2015

Oleh : Asrie Abu, SKM, M.Kes

Dosen Keperawatan/Staff ADAK Bagian Kemahasiswaan

 

HKN 51Sebagaimana peringatan Hari Kesehatan Nasional sebelum-sebelumnya, seluruh lapisan masyarakat Indonesia merayakan Hari Kesehatan Nasional ini dengan berbagai harapan serta tujuan. Hari Kesehatan Nasional (HKN) yang jatuh pada tanggal 12 November setiap tahun, dicanangkan sebagai peringatan berharga bagi bangsa Indonesia untuk tetap fokus dan bersemangat membangun bangsa, khususnya di bidang kesehatan yang dimana tahun ini merupakan peringatan HKN yang ke-51 (sambutan Menteri Kesehatan pada peringatan HKN ke-51 di Jakarta).

Tahun ini, tema yang diusung adalah “Indonesia Cinta Sehat: Generasi Cinta Sehat Siap Membangun Negeri”. Tema dari peringatan tersebut memiliki makna yang mendalam terutama bagi generasi muda pelanjut bangsa ini.

Generasi cinta sehat adalah bangsa Indonesia dari segala usia, turut serta dalam pembangunan kesehatan, mengingatkan kembali bahwa sehat itu harus dijaga, bergaya hidup sehat serta terlibat aktif dalam jaminan kesehatan nasional, untuk dapat mencapai layanan kesehatan yang kuat.

Selaras dengan tema tersebut, mahasiswa Poltekkes Kemenkes Mamuju sebagai bagian dari generasi muda, memiliki peran dan tanggung jawab untuk memberikan kontribusi nyata pada momentum hari kesehatan nasional tahun ini, terlebih lagi Poltekkes Kemenkes Mamuju merupakan institusi pendidikan yang memiliki kompetensi sebagai pencetak sumber daya manusia kesehatan yang handal dan focus pada pengembangan pembangunan kesehatan Indonesia yang optimal.

Dengan tetap mengusung tema dari Hari Kesehatan Nasional tahun ini, mahasiswa Poltekkes Kemenkes Mamuju sebagai bagian dari generasi muda yang cinta sehat memiliki cara tersendiri dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasioanl ke-51 sebagai wujud nyata dari generasi muda yang cinta sehat. Peringatan HKN ke 51 yang dimotori oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Poltekkes Kemenkes Mamuju bekerjasama dengan Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) se-Poltekkes Kemenkes dikemas dalam bentuk kegiatan Bakti Sosial (Baksos) ke beberapa sekolah dasar yang ada di Kabupaten Mamuju serta Gerakan Aksi Damai.

Rangkaian peringatan HKN ke-51 dibagi dalam 2 (dua) tahap, yang diawali dengan kegiatan bakti sosial pada tanggal 21 November 2015 dengan melakukan kunjungan ke beberapa sekolah dasar yang ada di Kabupaten Mamuju yaitu di SD Sangkurio oleh mahasiswa Jurusan Gizi, SD 4 Karema oleh mahasiswa Jurusan Keperawatan, SD 3 Binanga oleh mahasiswa Jurusan Kesehatan Lingkungan, dan SD Bone Bone oleh mahasiswa Jurusan Kebidanan. Bentuk kegiatan bakti social berupa penyuluhan cara mencuci tangan yang benar, penyuluhan tentang jajanan sehat, penyuluhan tentang cara menyikat gigi yang benar serta penyuluhan kesehatan lainnya yang dilaksanakan secara serentak di tempat yang berbeda dan di hari yang sama.

Kegiatan bakti sosial ini bertujuan sebagai bentuk pembinaan kesehatan usia dini serta mengajarkan sejak dini kepada anak sekolah dasar tentang tata cara mencuci tangan yang tepat, menyikat gigi yang benar dan bahaya jajanan makanan yang tidak sehat. Selain itu, kegiatan baksos ini juga bertujuan untuk memberikan penanaman pengetahuan kepada anak sekolah dasar agar lebih mengutamakan upaya pencegahan dari pada pengobatan serta memotivasi agar selalu mencintai hidup sehat sehingga terwujud generasi muda bangsa yang cinta sehat.

Selanjutnya, kegiatan tahap 2 (kedua) yaitu “Gerakan Aksi Damai” HKN ke-51 yang bertajuk “Salam Sehat Membangun Negeri” dilaksanakan tanggal 22 November 2015 yang dipusatkan pada acara Car Free Day di Anjungan Pantai Manakrra, Mamuju. “Gerakan Aksi Damai” ini dilaksanakan dalam bentuk kegiatan Long-Marc (jalan kaki) dari depan Kantor DPRD Kota Mamuju sampai depan Anjungan Pantai Manakarra sambil melakukan orasi damai dan kegiatan “LISA” (Lihat Sampah Ambil) di sekitaran Pantai Manakarra. Selain itu, kegiatan “Gerakan Aksi Damai” ini juga diwarnai dengan pembagian leaflet dan poster serta pemeriksaan tekanan darah gratis kepada masyarakat yang ada di area Car Free Day. Kegiatan ini kemudian ditutup dengan pembacaan puisi dan penampilan perkusi oleh beberapa mahasiswa.

“Gerakan Aksi Damai” ini bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran seluruh lapisan masyarakat, termasuk mahasiswa Poltekkes Kemenkes Mamuju untuk berkontribusi aktif dan tetap melakukan kegiatan positif untuk memajukan pembangunan kesehatan di Indonesia. Kegiatan ini juga bertujuan mengajak seluruh lapisan masyarakat agar tetap mencintai kesehatan dan membiasakan perilaku hidup sehat setiap hari serta mengajak untuk tetap mengutamakan upaya pencegahan agar dapat terhindar dari risiko terkena penyakit.

Menurut penuturan Pembantu Direktur III Bidang Kemahasiswan, Bapak Abdul Ganing, SKM, MPH bahwa selain untuk memperingati HKN, kegiatan tersebut dimaksudkan untuk menumbuhkan rasa kepedulian dan tanggung jawab mahasiswa terhadap sesama, khususnya bagi masyarakat yang membutuhkan akses pelayanan kesehatan yang sesuai dengan disiplin ilmu masing-masing, sebab pelayanan kesehatan masyarakat adalah salah satu aspek fundamental dalam rangka mewujudkan pembangunan Indonesia ke arah yang lebih baik. Selain itu, kegiatan ini juga sebagai bagian dari proses pembelajaran bagi mahasiswa Poltekkes Mamuju untuk menimba ilmu dan pengalaman sebelum terjun secara nyata ke lingkungan masyarakat setelah menyandang status ahli madya kesehatan sehingga nantinya mahasiswa sudah memiliki pengalaman dan jam terbang terkait tata cara melayani, beradaptasi dan bersosialisasi dengan masyarakat. Beliau menambahkan bahwa kegiatan tersebut juga merupakan salah satu bentuk kepedulian dan tanggung jawab penyelenggara pendidikan kepada masyarakat serta upaya nyata dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yang dilakukan oleh mahasiswa.

Kedepannya, kegiatan-kegiatan positif seperti ini akan lebih diintesifkan lagi, utamanya kegiatan kegiatan yang manfaatnya dapat dirasakan secara langsung oleh masyarakat sehingga out put dari penyelenggaraan pendidikan yang diselenggarakan oleh Poltekkes Kemenkes Mamuju mampu memberikan kontribusi yang nyata bagi pembangunan kesehatan di Provinsi Sulawesi Barat dan bermanfaat bagi bangsa dan negara. Aamiin…